Cara Install OSCommerce di Xampp

Cara Install OSCommerce di Xampp


OSCommerce adalah salah satu CMS yang banyak digunakan untuk membuat toko inline dengan mudah dan cepat. CMS ini bisa dibilang cukup ringan dan mudah digunakan. Jika Anda ingin membuat toko online atau sekedar untuk mempelajari bagaimana sistem toko online, Anda bisa menginstall OSCommerce ini pada localhost Xampp Anda. Lalu bagaimana cara mengistallnya ? Berikut Cara install OSCommerce di Localhost Xampp:

Langkah 1
Persiapkan Xampp dan OSCommerce. SIlahkan download Xampp disini dan OSCommerce disini.

Langkah 2
Setelah Anda install Xampp dan download OSCommerce, sekarang buka file OSCommerce yang telah di download lalu ekstrak dan simpan di direktori C:\xampp\htdocs\
untuk memudahkan beri nama file oscommerce-2.3.3 dengan nama oscommerce



Langkah 3
Aktifkan Xampp, lalu buka Browser dan ketikkan localhost/oscommerce/catalog/ pada address bar. Maka akan muncul halaman untuk memulai instalasi, klik continue.




Langkah 4
Halaman selanjutnya adalah halaman untuk pengisian Database Server. Sebelumnya buatlah terlebih dahulu database yang akan digunakan untuk oscommerce. Caranya adalah Buka localhost/phpmyadmin lalu buat database-nya.



kembali lagi ke halaman instalasi, lalu isikan sebagai berikut, lalu klik continue.



Langkah 5
Selanjutnya adalah Anda akan diberikan informasi mengenai alamat www untuk membuka oscommerce di browser dan alamat root directory tempat oscommerce disimpan. Klik Continue.



Langkah 6
Halaman instalasi selanjutnya adalah pengisian mengenai informasi toko online yang Anda buat, silahkan isikan sesuai kebutuhan. Lalu klik Continue.



Langkah 7
Finished, Anda telah berhasil mengistall OSCommerce, buka Catalog untuk melihat tampilan OSCommerce dan atau buka Administration Tool untuk memulai konfigurasi toko online Anda.



Tampilan Catalog OSCommerce



Sekian tutorial cara install OSCommerce dari saya.