Tips Melamar Kerja via Email
Office Tips and TrickBagi sebagian orang untuk melamar pekerjaan melalui email mungkin masih sangat awam, lebih banyak dari para pelamar hanya melalui pos. Untuk itu saya akan berbagi tips mengenai Cara Melamar Kerja melalui (via) Email. silahkan simak tips berikut :
Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email. kita harus men-scan berkas-berkas surat lamaran sebagai Kelengkapan Melamar Kerja selanjutnya berkas yang sudah dijadikan file elektronik tersebut disimpan dalam format PDF, JPG, PNG, DOC dalam flashdisk, hardisk dan media penyimpan file elektronik lainya. Bila sewaktu-waktu akan digunakan kembali file elektronik tersebut dapat diambil untuk diupload/unggah sebagai persyaratan dalam melamar pekerjaan.
Berikut disajikan hal-hal yang perlu dilakukan untuk mengirim lamaran pekerjaan melalui email :
1. Persiapkan berkas yang akan dibuat file elektronik (di scan) diantaranya :
- Surat Lamaran Kerja
- Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)
- Ijazah/sertifikat yang dilegalisir
- Kartu Indentitas (KTP)
- Pasfoto
- Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
- Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter
- Kartu Kuning (AK-1) Kemenakertrans
2. Persiapkan akun email
Bila belum memiliki email Anda bisa membuatnya. Ada banyak penyedia layanan email gratis yang bisa dimanfaatkan seperti Gmail, Yahoo, AIM, Hotmail, GMX, Eramuslim, Telkomnet, Plasa.com dan lain-lain.
3. Fahami persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan.
Terkadang tidak semua berkas lamaran pekerjaan diminta oleh perusahaan penerima lowongan pekerjaan, mungkin hanya berkas utama saja yang harus dikirim via email seperti surat lamaran, ijazah dan CV. Untuk hal seperti ini Anda hanya perlu mengirim persyaratan sesuai yang diminta, semakin sedikit berkas yang diupload/unggah maka prosesnya juga semakin cepat karena tidak membutuhkan file yang berukuran besar. Namun bila perusahaan penerima lowongan pekerjaan tidak mensyaratkan ini Anda bisa mengupload semua berkas lamaran yang Anda miliki.
Untuk lebih simple Anda bisa menyusun semua berkas lamaran dalam 1 file PDF, caranya dengan memasukkan file-file tersebut dalam microsoft office word (minimal versi 2007) dan menyimpannya (safe as) sebagai file PDF, atau bisa memasukkan file berkas lamaran dalam satu folder lalu mengkompresnya menjadi format zip atau rar. Hal tersebut dapat meringkas file berukuran besar menjadi lebih kecil sehingga mudah untuk diupload.
4. Tujuan pengiriman dan judul email/Subject
Saat ingin mengirim email pastikan alamat email tujuan sudah benar, periksa kembali dengan teliti jangan sampai surat lamaran Anda tidak sampai atau salah alamat.
Hal yang juga perlu diperhatikan dalam mengirim sebuah email adalah judul/subject nya. Kadang dalam inbox mail seseorang/perusahaan banyak sekali yang belum terbaca, bila judul email yang masuk tidak jelas bisa dianggap spam atau akan diabaikan. Oleh karena itu pemberian judul/subject menjadi sangat penting untuk dicantumkan serta disesuaikan dengan hal yang diminta misalnya Anda bisa memilih judul "Lamaran Pekerjaan Untuk Posisi Manajer Pemasaran" atau bila perusahaan mensyaratkan sistem kode bisa ditulis "Lamaran Pekerjaan Kode 0012" dan lain-lain.
5. Menulis redaksi dan menyisipkan Attachment
Meskipun yang diperlukan perusahaan penerima lowongan adalah berkas lamaran yang berupa file elektronik namun penulisan redaksi pengantar juga perlu diperhatikan. Gunakana bahasa yang simpel dan tidak bertele-tele serta jelas maksudnya. Redaksi bisa dibuat sesuai surat lamaran pekerjaan yang juga disertakan dalam lampiran file elektronik.
Setelah redaksi isi email dibuat maka selanjunya adalah menyisipkan Attachment atau file yang akan disertakan, khusus pad Gmail menu Add Attachment atau Lampirkan File ada pada menu bawah bergambar clip. Klik gambar tersebut dan pilih file yang akan dilampirkan dalam email dari laptop/komputer Anda.
6. Test pengiriman email ke email sendiri
Setelah semua hal diatas diperiksa dengan baik dan benar maka sebelum dikirim kepada email tujuan alangkah baiknya dilakukan test pengiriman email. Gunakan alamat email Anda yang lain untuk tujuan pengiriman, setelah terikirim Anda bisa membaca dan memeriksa kembali karena seperti itulah email yang akan dibaca oleh perusahaan yang dituju. Apabila dirasa masih ada yang kurang bisa dilakukan perbaikan, dan setelah yakin semuanya benar baru kirim ke alamat email perusahaan penerima lowongan pekerjaan. Tunggu beberapa saat sampai ada pemberitahuan bahwa email Anda telah terkirim.
Demikianlah info Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email semoga bermanfaat.
ini Juga mohon dibaca :
Banyak sobat pencari kerja yang menanyakan Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email dan bagaimana cara mengirim suraat lamaran kerja tersebut. Sebenarnya mudah sich... seperti kita mengirim email biasanya... Oke dehh... berhubung kali ini saya memiliki sedikit waktu senggang, ada baiknya langsung saja saya posting.
1. Contoh surat lamaran kerja via email
Di baca baik-baik dan dihayati ya sob... :)
Jika kita melihat contoh surat lamaran kerja diatas maka gada bedanya dengan surat lamaran kerja dengan cara tradisional (pos) :) yang membedakan hanyalah tempat penulisanya saja.... yaitu kalo lamaran kerja via email tempat nulisnya ya di email atau file tersendiri.
Sudah dibaca..?? Oke sobat, kita lanjut lagi ke pembahasan yang berikutnya..
2. Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email
Sobat harus menyediakan document yang diperlukan dalam bentuk SCAN, kalo bisa ukuranya dirubah dulu (compress) agar lebih hemat space (gak kegedean). Berikut ini contoh document yang biasanya dibutuhkan:
- Surat lamaran kerja, biasanya berformat office word.( ini dibutuhkan jika sobat tidak menulis lamaran pada emailnya langsung )
- KTP
- Ijazah
- Paklaring
- SKCK
- CV atau biasa disebut Data riwayat hidup
- Pas foto 4x6
Lanjut sob... saatnya kita belajar cara mengirim surat lamaran kerja via email.... Berikut ini saya sertakan 2 contoh jika sobat menggunakan salah satu akun gmail atau yahoo. ( tips ini diambil dari http://www.tipsmu-tipsku.com/2013/03/cara-melamar-kerja-lewat-email.html)
1. Klik Tulis atau Compose, silahkan menulis lamaran kerja di badan email seperti contoh diatas. Atau bisa juga tidak perlu menulis lamaran kerja di badan email, tapi sudah sobat siapkan surat lamaran kerja dalam bentuk file biasanya berformat Ms Word.
ini Juga mohon dibaca :
1. Contoh surat lamaran kerja via email
Di baca baik-baik dan dihayati ya sob... :)
To : Jaya.Tunggal@PTgroup.com
Cc : -
Subject : Operator Komputer
Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi pada blog/website di internet, bahwa "PT jaya Tunggal" membutuhkan beberapa lowongan kerja dalam kategori operator komputer, maka yang bertanda tangan di bawah ini, saya :
Nama : Zabir Al Ahsan
Alamat : Jl. Mawar No.13 Banyuwangi
Tempat, Tanggal Lahir : Banyuwangi, 13 Mei 1989
Tendidikan : SMAN 1 Genteng
Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut.Bersama ini saya lampirkan satu lembar daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan dalam bentuk attachment.
Bila dikehendaki, saya bersedia memenuhi panggilan Bapak/Ibu untuk dites dan diwawancarai.Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.
Hormat saya,
(Zabir Al Ahsan)
Jika kita melihat contoh surat lamaran kerja diatas maka gada bedanya dengan surat lamaran kerja dengan cara tradisional (pos) :) yang membedakan hanyalah tempat penulisanya saja.... yaitu kalo lamaran kerja via email tempat nulisnya ya di email atau file tersendiri.
Sudah dibaca..?? Oke sobat, kita lanjut lagi ke pembahasan yang berikutnya..
2. Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email
Sobat harus menyediakan document yang diperlukan dalam bentuk SCAN, kalo bisa ukuranya dirubah dulu (compress) agar lebih hemat space (gak kegedean). Berikut ini contoh document yang biasanya dibutuhkan:
- Surat lamaran kerja, biasanya berformat office word.( ini dibutuhkan jika sobat tidak menulis lamaran pada emailnya langsung )
- KTP
- Ijazah
- Paklaring
- SKCK
- CV atau biasa disebut Data riwayat hidup
- Pas foto 4x6
Lanjut sob... saatnya kita belajar cara mengirim surat lamaran kerja via email.... Berikut ini saya sertakan 2 contoh jika sobat menggunakan salah satu akun gmail atau yahoo. ( tips ini diambil dari http://www.tipsmu-tipsku.com/2013/03/cara-melamar-kerja-lewat-email.html)
1. Klik Tulis atau Compose, silahkan menulis lamaran kerja di badan email seperti contoh diatas. Atau bisa juga tidak perlu menulis lamaran kerja di badan email, tapi sudah sobat siapkan surat lamaran kerja dalam bentuk file biasanya berformat Ms Word.
2. Sobat berada pada halaman pesan baru, Masukkan alamat email yang akan dituju, Isikan subjek,
Kemudian mulai melampirkan berkas file dengan mengklik icon yang ditandai
3. Pilih file yang akan dkirimkan. Silahkan pilih satu persatu atau sekaligus.
4. Tunggu sampai semua file terupload
5. Jika semua file telah terupload, saatnya mengirimkan berkas sobat... Namun sebelumnya, pastikan bahwa alamat email tujuan benar dan berkas yang akan dikirim sudah lengkap.
Demikian contoh dan cara mengirimkan surat lamaran kerja lewat email. Pada kesempatan berikutnya saya akan membagikan tips dan cara mengoptimalkan ukuran file berkas lamaran kerja (compress). Semoga bermanfaat...